Artikel

Tugu Otista

TNGers pernah menyusuri wilayah utara Kabupaten Tangerang? Jika pernah, pasti kamu akan menemukan daerah bernama Mauk. Mauk adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang. Nama Mauk sendiri diambil dari nama seorang pejuang Tionghoa pada masa penjajahan kolonial Belanda, yakni Ma uk. Untuk mengenang jasa-jasanya kemudian masyarakat mengabadikan namanya menjadi nama tempat, yang kini disebut Kecamatan Mauk.

Nah tepat di Jalan Insinyur Sutami, Mauk, Kabupaten Tangerang, berdiri gagah sebuah tugu pahlawan yang masyarakat Kabupaten Tangerang kenal dengan Tugu Otista atau Tugu Otto Iskandardinata.

Menurut sejarah berdirinya, Tugu Otista tersebut dibangun untuk mengenang jasa Otto Iskandardinata. Pantai Mauk memang menjadi saksi bisu kepergian pahlawan nasional tersebut, setelah diculik anggota Laskar Hitam dan dijebloskan ke penjara Tanah Tinggi, Kota Tangerang pada 10 – 15 Desember 1945.

Dari Kota Tangerang, ia dipindahkan ke rumah tahanan yang sekarang menjadi Kantor Pegadaian Mauk. Pada 20 Desember, Otto dieksekusi di pesisir pantai Mauk, tepatnya di Blok Toa Sia, Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kabupaten Tangerang.

Sampai saat ini TNGers, kisah kematian pahlawan nasional Otto Iskandardinata masih menjadi misteri. Tak ada yang mengetahui pasti penyebab diculik dan dibunuhnya Otto di Pantai Mauk.  Tanggal 10 November 1973, pemerintah menganugrahkan gelar Pahlawan Nasional pada Otto Iskandardinata. Untuk menghormati dan mengenang jasa-jasanya, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang mendirikan monumen Otista di tengah-tengah pertigaan Mauk. Monumen tersebut telah mengalami dua kali perubahan bentuk (1990 dan 1996). Monumen yang diresmikan oleh Bupati Tangerang H. Muchdi pada tahun 1966 ini, didirikan dengan tujuan untuk mengenang semangat perjuangan Otto Iskandardinata yang tak pernah padam. Namanya pun diabadikan menjadi nama jalan di beberapa tempat.

Nah, itu dia sekilas cerita tentang Tugu Otista nih TNGers. Jelajahi terus sejarah dan kebudayaan yang ada di Tangerang yuk, biar makin cinta, peduli dan bangga dengan rumah tercinta!

Twitter: @AboutTNG
Instagram: @AboutTNG
LINE: @AboutTNG
Website: www.abouttng.com
Email: abouttng@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Read More