Ekonomi

Nilai Ekspor Kota Tangerang Capai Rp 32 Triliun

CitraRayaNews.com, Jakarta – Nilai ekspor yang dilakukan penggiat usaha di Kota Tangerang, ternyata mengalami peningkatan di tahun ini. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat mencatat, nilai ekspor sampai September 2019, mencapai Rp 32 triliun.

Jumlah tersebut melebihi jumlah impor yang masuk ke Kota Tangerang sebanyak Rp 27 triliun. Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kota Tangerang, Endang Purwaningsih mengatakan, produk-produk dari Kota Tangerang menjadi langganan ekspor ke berbagai negara. 

“Asia pasti, selebihnya berhasil masuk ke Eropa dan Timur Tengah, beberapa ada ke Amerika Serikat,” ujar Endang di Tangerang, Selasa (22/10/2019).

Adapun komoditas dominan yang diekspor mulai dari produk coklat, alas kaki, plastik, fashion, dan kerajinan. Produk-produk tersebut diproduksi oleh perusahaan besar sampai pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) pun turut terlibat dalam ekspor ini.

“Data berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA) Disperindag, jumlahnya diharapkan terus meningkat sampai akhir tahun ini,”ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan nilai ekspor, Disperindag rutin mengadakan seminar kepada pelaku usaha. terkait wawasan tata cara eksport yang benar dan aman. Termasuk penyampaian informasi terkini regulasi ekspor impor yang ditetapkan pemerintah Indonesia, ataupun peluang ke negara-negara tetangga.

“Meningkatnya nilai ekspor akan berdampak kepada perkembangan usaha dan perekonomian masyarakat. Terlebih Kota Tangerang memiliki potensi untuk mengembangkan usaha seperti lokasi yang strategis, dan akses transportasi yang mudah,” katanya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru CitraRayaNews.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Read More