Uncategorized

Minat Baca di Kota Tangerang Naik 100 Persen

CitraRayaNews.com, Tangerang Minat baca di Kota Tangerang selama kurun waktu lima tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang mencatat dari RPJMD 2014-2019 terjadi lonjakan hingga 100 persen. 

“Targetnya adalah 114.678 kunjungan namun saat ini menjadi 213.945 kunjungan,” ujar Plt DPKAD Kota Tangerang Hj Meita Bachraeni, usai membuka acara Pameran dan Kearsipan di CBD Ciledug, Kota Tangerang, Senin (18/3/2019).

Melihat grafik peningkatan tersebut, Meita menegaskan, di lima tahun ke depan pihaknya menargetkan minat baca di Kota Tangerang menjadi 654.000 sesuai dengan capaian target yang ditetapkan Perpusnas, di mana Indonesia saat ini masih di posisi 16 dari 33 negara.

“Artinya dari hasil survei, Kota Tangerang masih rata rata antara lima ribu hingga enam ribu kunjungan setiap bulannya. Ada pun secara internasional untuk masuk ke rangking pertama itu antara 10-14 ribu per bulan,” imbuhnya.

Namun demikian, grafik Perpusnas akan minat baca terdongkrak  oleh Kota Tangerang,  sedangkan di daerah lain jumlah minat baca masih di bawah rata rata. Dan berdasarkan catatan DPKAD Kota Tangerang,  kalangan minat baca di kota seribu industri dan sejuta jasa ini, umumnya banyak dari forum-forum kemudian kelompok Perpusnas, lalu anak anak sekolah yang dilayani lewat Kriling, dan Perpus mini di taman-taman yang tujuannya untuk mengakomodir masyarakat yang sembari hang out bisa sambil baca.

Simak video pilihan berikut:

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Read More