Artikel

Kampoeng Baca, Membangun Generasi Gemar Membaca di Masyarakat

Berada pada masa yang terus mengalami perkembangan sudah pasti menjadi tantangan bagi setiap generasi di dalamnya, tantangan untuk memilih sebuah pilihan yang menentukan masa depan, antara diam hingga terlindas jaman atau bergerak sampai memiliki peranan terbaik. Bagi mereka yang sadar akan keselamatan generasi penerus bangsa, jawabannya hanya ada satu yaitu bergerak sampai memiliki peranan terbaik. Sama halnya dengan Kampoeng Baca yang berada di Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Masjid Rt 05/06 No. 5 Kelurahan Kenanga Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang.

Kampoeng Baca terbentuk karena melihat kurangnya tempat yang memberikan sarana membaca bagi masyarakat, kemudian di sisi lain masih ada anak-anak dan remaja yang belum bisa memaksimalkan dirinya menjadi pribadi yang aktif. Sehingga adanya Kampoeng Baca ini bukan hanya membangun kembali budaya membaca, tetapi juga membentuk pribadi anak-anak dan remaja menjadi lebih baik.

Kampoeng Baca ini baru diluncurkan pada 14 Januari 2018 tetapi perencanaan dari konsep yang telah disusun telah ada beberapa bulan yang lalu. Saat ini Kampoeng Baca sudah dikatakan siap untuk benar-benar memiliki peranan dalam masyarakat. Terbukti ada 5 program yang akan mereka laksanakan mulai bulan depan seperti dongeng, bedah film, karya seni, bedah buku dan kerajinan.

Selain itu disana tersedia juga mainan tradisional yang bisa dimainkan bersama. Jadi tidak hanya meningkatkan minat baca tetapi juga memberikan ilmu lainnya agar para anak-anak dan remaja yang terlibat tidak bosan dengan kehadiran Kampoeng Baca di lingkungan mereka. Meskipun saat ini Kampoeng Baca baru ada satu titik di wilayah Kelurahan kenanga, tetapi harapan besar kedepannya agar bisa membuka Kampoeng Baca lainnya di beberapa titik di Tangerang.

Bagi TNGers yang ingin di wilayahnya ada Kampoeng Baca dan ikut berpartisipasi menjadi volunteer atau ingin mendonasikan buku dan mendukung segala bentuk kegiatannya, bisa menghubungi akun instagram @Kampoeng.baca yang memiliki logo rumah jamur. Dengan begitu TNGers bisa bersama-sama menebar kebaikan dan memiliki peranan penting bagi masyarakat.

Baca juga: Taman Baca Masyarakat Kampung Cerdas di Kabupaten Tangerang

Kampoeng Baca yang dikelola oleh beberapa pemuda ini memberikan pesan kepada TNGers, agar senantiasa memaksimalkan segala potensi yang dimiliki dan segala ilmu yang telah dikuasai untuk semakin bermanfaat di masyarakat, jangan malu melakukannya karena setiap kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan balasan kebaikan pula di dunia dan di akhirat.

Semangat untuk selalu bermanfaat dalam kehidupan ya TNGers!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Read More